Berita Ragam

100 Ucapan Pernikahan Kreatif, Simpel, dan Islami Penuh Makna. Doa Terbaik untuk Pengantin!

7 menit

Merangkai ucapan pernikahan memang terkesan remeh, tapi kenyataannya sering kali bikin pusing kepala. Apalagi ucapan ini diperuntukkan orang yang penting, seperti saudara, sahabat, atau rekan bisnis.

Tentu kamu tak ingin ucapan yang kamu sampaikan terkesan dangkal dan kurang bermakna, ‘kan?

Ketika menulis ucapan selamat menikah, banyak orang merasa bimbang apakah ucapan yang telah dibuatnya layak untuk disampaikan atau tidak.

Dalam membuat ucapan ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu pemilihan kata dan tema.

Banyak sekali jenis yang bisa kamu pilih, seperti ucapan pernikahan lucu hingga ucapan pernikahan simpel .

Jika kamu ingin mencari yang kreatif, berikut ini inspirasi ucapan pernikahan selamat menempuh hidup baru yang bisa kamu contoh!

Ucapan Pernikahan Simple

ucapan pernikahan simple

Ada teman atau kerabat yang sedang menikah? Berikut ini beberapa contoh ucapan pernikahan simpel yang bisa dijadikan inspirasi.

  1. Semoga jadi pernikahan yang langgeng dan bahagia!
  2. Selamat menempuh hidup baru!
  3. Semoga kalian menjadi keluarga yang bahagia dan penuh cinta.
  4. Selamat atas pernikahannya dan selamat memulai lembaran baru dalam kehidupan.
  5. Selamat berbahagia, semoga ini menjadi pernikahan terakhir dan selamanya.
  6. Selamat menikah, semoga kalian selalu bahagia bersama.
  7. Selamat menempuh hidup baru. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah.
  8. Selamat menikah, semoga pernikahan kalian menjadi pernikahan yang abadi.
  9. Selamat atas pernikahanmu, berbahagialah hari ini dan selamanya.
  10. Kalian sangat serasi, semoga perjalanan rumah tangga kalian selalu bahagia.
  11. Selamat atas pernikahan kalian. Semoga selalu dilimpahi keberkahan, kebaikan, dan cinta.
  12. Semoga pernikahan kalian menjadi pernikahan abadi dan bisa membawa kebahagiaan bagi orang sekitar.
  13. Selamat menempuh hidup baru dengan pujaan hatimu. Semoga cinta kalian terus bertumbuh.
  14. Selamat berbahagia dan selamat menikah. Semoga menjadi pasangan sejadi dan abadi.
  15. Kalian sungguh serasi. Semoga perjalanan rumah tangga kalian selalu bahagia.
  16. Selamat menjalani kehidupan sebagai sepasang suami istri.
  17. Selamat menikah, jadilah pelengkap satu sama lain dan berbahagialah.
  18. Turut berbahagia atas pernikahanmu. Selamat telah menemukan pasangan hidup yang tepat.
  19. Selamat menikah, semoga langgeng dan harmonis selamanya.
  20. Selamat menjalani hidup sebagai sepasang suami istri.

Ucapan Pernikahan Formal

ucapan pernikahan formal

Ucapan pernikahan formal biasanya ditujukan untuk rekan kerja, terutama atasan. Agar terdengar sopan, berikut ini ucapan selamat menikah resmi yang bisa kamu sampaikan:

  1. Selamat menempuh hidup baru dengan kekasihmu. Semoga cinta kalian terus bertumbuh dan semakin menguat setiap harinya.
  2. Selamat menikah. Di kehidupan baru yang kalian tapaki, semoga cinta dan bahagia senantiasa bersama.
  3. Selamat menempuh hidup baru. Semoga kalian akan dan selalu menjadi keluarga yang berbahagia.
  4. Semoga cinta yang tumbuh di antara kalian selalu bersemi tak terbatas musim. Hari bahagia telah menanti. Selamat menikah.
  5. Sejatinya pernikahan adalah lembaran baru kehidupan, kebahagiaan, kebersamaan, dan hal-hal baik lainnya yang menyertai. Selamat menempuh hidup baru.
  6. Selamat berbahagia, semoga kalian menjadi pasangan yang abadi.
  7. Semoga kamu mendapatkan semua cinta beserta kebahagiaan bersama pasangan.
  8. Selamat atas pernikahan kalian. Semoga hidup bahagia bersama.
  9. Selamat telah menemukan satu sama lain. Inilah babak baru menuju tahapan kehidupan yang selanjutnya.
  10. Semoga kamu selalu mengingat cinta yang di bagikan di hari istimewa ini. Berbahagialah, doaku kalian mendapatkan cinta seumur hidup.

Ucapan Pernikahan Islami

contoh ucapan pernikahan islami

Pernikahan adalah momen sakral bagi mereka yang menjalaninya. Berikut ini ucapan selamat menikah Islami yang bisa kamu sampaikan kepada teman atau kerabat yang menikah:

  1. Alhamdulillah, selamat atas ikatan pernikahan kalian. Semoga pernikahan kalian senantiasa dilimpahi berkah, cinta, kebaikan, dan kebahagiaan. Jazakallahu khairan khatira.
  2. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala menguatkan ikatan pernikahan kalian dan memberkahi hati kalian dengan iman serta cinta untuk selamanya. Selamat menikah!
  3. Semoga ikatan pernikahan kalian abadi hingga maut memisahkan dan semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala merahmati kalian dengan kedamaian serta kebahagiaan yang tak bertepi.
  4. Selamat menikah! Barakallahu lakuma wa baraka ‘alaikuma wa jama’a bainakuma fii khoir. (artinya: semoga Allah Swt. menganugerahkan berkah kepadamu, semoga Allah Swt. juga menganugerahkan berkah atasmu, dan semoga Allah Swt. menghimpun kalian dalam kebaikan.)
  5. Mulanya Allah Swt. menciptakan satu jiwa, kemudian Ia membelahnya menjadi dua. Sehingga Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang bisa kembali menyatukan kalian dalam ikatan suci pernikahan.
  6. Semoga pernikahan kalian ini menjadi pernikahan yang abadi dan bisa membawa kebahagiaan bagi orang-orang sekitar. Dan juga semoga Allah selalu memberikan rahmat-Nya pada kalian untuk dapat merasakan kebahagiaan dan kedamaian. Amin.
  7. Selamat atas pernikahanmu ukthi. Semoga bisa menjadi bidadari terbaik bagi suami maupun bagi anak-anakmu kelak. Amin.
  8. Selamat atas pernikahanmu akhi. Semoga bisa menjadi imam yang baik dan menuntun keluargamu menuju surga-Nya.
  9. Doa terbaik untuk kamu dan pasangan, semoga samawa ’till jannah dan membangun keluarga sesuai syariat Al-Qur’an dan hadis.
  10. Selamat untuk hari bahagiamu menyambut jalan membangun bahtera rumah tangga. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah.

Ucapan Pernikahan untuk Teman

ucapan pernikahan untuk teman

  1. Semoga kamu mendapatkan cinta dan kebahagiaan seumur hidup. Selamat menikah!
  2. Hari pernikahanmu akan datang dan pergi, tetapi semoga cinta kalian tumbuh selamanya.
  3. Semoga hari ini menjadi awal kehidupan yang panjang dan bahagia bersama. Happy wedding!
  4. Aku senang kalian berdua menemukan satu sama lain. Kalian adalah inspirasi bagi orang-orang di sekitar. Selamat menikah dan semoga kebahagiaan kalian bertahan selamanya!
  5. Selamat atas pernikahannya! Semoga kehidupan rumah tangga kalian dipenuhi dengan kebersamaan dan cinta yang tak ada haisnya.
  6. Selamat menikah! Semoga pernikahan kalian selalu menorehkan kenangan indah dalam hidup dan semoga segera dikaruniai buah hati secepatnya.
  7. Tidak ada yang lebih membahagiakan bagiku saat melihat hari pernikahanmu. Jangan takut menghadapi tantangan di depan karena aku yakin kamu mampu mengatasinya.
  8. Untuk temanku yang telah menemukan cinta sejatinya. Semoga pernikahanmu menjadi hari pertama dari kebahagiaan bertahun-tahun yang akan datang.
  9. Selamat menikah! Semoga hidupmu dipenuhi cinta dan kebahagiaan yang luar biasa.
  10. Selamat, kamu telah melewati hal paling berkesan di dalam hidup! Semoga sukses dalam menjalani pernikahan dengan pasangan hidupmu selamanya.

Ucapan Pernikahan untuk Sahabat

ucapan pernikahan untuk sahabat



Hari bahagia sahabat tentu harus dimeriahkan dengan kehadiran kita dan tak lupa menyampaikan ucapan selamat yang penuh makna seperti berikut ini:

  1. Selamat sudah jadi pasangan yang serasi! Semoga perjalanan kalian bersama-sama membangun keluarga selalu tetap indah. Selamat menempuh kehidupan yang baru.
  2. Happy wedding! Sudah enggak ada lagi galau meratapi status jomblo, ya? Berbahagialah selalu dan semoga segera diberkahi dengan momongan.
  3. Dulu kita makan bersama, ke mana-mana bersama, hampir setiap momen bersama. Namun aku sadar, bahwa ada titik di mana kita sibuk membangun keluarga kita masing-masing. Semoga pernikahanmu menjadi ladang ibadahmu. Selamat menikah, sahabatku!
  4. Sahabat yang paling jahat adalah ia yang meninggalkan temannya menikah dulu, hahaha! Tenang, kamu masih tetap sahabatku. Selamat menempuh hidup baru, sahabat.
  5. Selamat menikah! Kurang-kurangin, deh, hal-hal yang nggak penting. Kini kamu punya keluarga yang harus diurus. Semoga jadi sosok pasangan yang baik dan, kelak, jadi sosok orang tua yang luar biasa juga.
  6. Kepercayaan adalah salah satu kunci utama kebahagiaan dalam ikatan pernikahan. Selalu jaga hal tersebut, sahabat. Selamat menikah dan selamat berbahagia!
  7. Cinta merupakan anugerah terbaik yang diberikan Tuhan. Cinta juga merupakan penghargaan besar bagi mereka yang menerima. Selamat menikah, jagalah anugerah tersebut dengan baik.
  8. Sahabtku, senang rasanya mendengar kabar pernikahanmu. Saatnya memulai perjalanan baru. Semoga senantiasa dimudahkan dan penuh kebahagiaan.
  9. Di hari istimewa ini, kami berharap kedua teman kami akan menjalani masa-masa yang cerah dipenuhi dengan suka cita dan kebahagiaan. Semoga semua kebaikan datang kepadamu. Kalian berdua pantas mendapatkan yang terbaik.
  10. Selamat menempuh hidup baru, ya! Semoga langgeng hingga kakek nenek!
  11. Akhirnya hari ini datang juga. Ini adalah lembar baru bagi kalian berdua. Selamat menempuh hidup baru!
  12. Selamat, telah menemukan satu sama lain. Petualangan besar penuh suka cita baru saja dimulai!
  13. Selamat berbahagia, semoga kalian berdua menjadi pasangan sejati yang abadi.
  14. Berbahagialah, kawanku. Beruntungnya dirimu telah menemukan cinta sejatimu. Semoga kamu dan pasanganmu menjalani kehidupan yang penuh kebahagiaan.
  15. Selamat sudah mengikat janji suci! Semoga perjalanan kalian bersama dipenuhui dengan kebahagiaan dan keseruan.

Ucapan Pernikahan Lucu

ucapan pernikahan lucu

Ucapan pernikahan tidak selalu harus disampaikan dengan serius dan formal, tergantung kepada siapa kita menyampaikan. Berikut ini ucapan selamat menikah yang lucu untuk sahabat:

  1. Cieeedah di pelaminan aja! Selamat kamu sudah berhasil lolos dari jurang kejombloan. Jangan lupa bahagia. Eh, pasti bahagia terus, sih.
  2. Pergi ke kota Makkah, jangan lupa bawa sajadah. Senangnya yang baru menikah, semoga sakinah mawadah warahmah.
  3. Ada yang nikah, nih. Akhirnya, ya, terlepas dari status jomblo. Selamat menikah dan berbahagia, teman!
  4. Selamat menikah, teman! Semoga pasanganmu sabar menghadapi tingkah laku ajaibmu, ya.
  5. Selamat menempuh hidup baru dalam pernikahan, teman! Aku sudah siap punya keponakan baru. Dua aja udah cukup, kok.
  6. Beli sprei warna ungu, besoknya diganti biru muda. Selamat menempuh hidup baru, semoga selalu bahagia berdua!
  7. Temanku ini sudah punya gandengan, aku masih betah dalam kejombloan. Selamat menikah, teman. Aku pasti segera menyusulmu!
  8. Selamat menempuh hidup baru. Semoga pasanganmu selalu sabar dan enggak kaget menghadapi tingkah ajaibmu, ya!
  9. Pergi kita ke Kota Makkah. Jangan lupa bawa sajadah. Senangnya yang baru menikah. Semoga sakinah mawaddah warrahmah.
  10. Selamat menikah, ya! Udah enggak dengerin Payung Teduh – “Akad” lagi, nih.
  11. Sudah naik pelaminan aja, nih. Selamat, kamu sudah berhasil mendaki jurang kejombloan. Jangan lupa bahagia, ya.
  12. Sahabatku yang paling jahat. Teganya kamu meninggalkanku menikah dulua. Tetapi tenang, kamu masih tetap sahabtku. Selamat menikah, semoga bahagia terus!
  13. Suka dan duka kita telah lalui bersama. Kini sudah saatnya kita membangun keluarga masing-masing. Kebetulan kamu dulu yang diberi kesempatan mulia itu. Selamat menikah, sahabtku!
  14. Happy weddingUdah enggak jomblo lagi, nih. Semoga bahagia terus bersama pasanganmu, ya.
  15. Selamat menikah sahabtku yang sangat menyebalkan. Semoga kamu dan pasanganmu terus dilimpahkan ke bahagiaan serta menjali kehidupan yang penuh kesenangan.

Ucapan Pernikahan Bahasa Inggris

ucapan pernikahan bahasa inggris

Ingin terlihat keren saat memberikan ucapan selamat menikah? Coba gunakan ucapan pernikahan bahasa Inggris berikut ini.

  1. Your wedding day will come and go, but may your love forever grow. (Hari pernikahanmu akan datang dan kemudian berlalu, tapi semoga cintamu terus bertumbuh selamanya.)
  2. May today be the beginning of a long, happy life together. (Semoga hari ini menjadi awal dari hidup yang panjang dan bahagia bersama.)
  3. May years ahead be filled with lasting joys. (Semoga tahun-tahun yang akan datang dipenuhi dengan kebahagiaan yang tak bertepi.)
  4. May your joining together bring you more joy than you can imagine. (Semoga ikatan pernikahanmu memberikan lebih banyak kebahagiaan daripada yang bisa kamu bayangkan.)
  5.  Wishing you a lifetime of love and happiness. (Semoga kamu mendapatkan cinta dan kebahagiaan sepanjang hidup.)
  6. May your love grow stronger each and every passing year. (Semoga rasa cintamu terus bertambah di setiap tahun yang berlalu.)
  7. Today is the beginning of your next chapter. Here’s to you! (Hari ini adalah babak baru untukmu)
  8. Your wedding day will come and go, but may your love forever grow. (Hari pernikahanmu akan datang dan berlalu, tapi semoga cintamu akan terus selalu bertumbuh)
  9. May the love you share today grow stronger as you grow old together. (Semoga rasa cinta yang kau bagikan sekarang bertumbuh semakin kuat seiring kalian bertumbuh bersama)
  10. May today be the beginning of a long, happy life together. (Semoga hari ini menjadi awal dari kehidupan bahagia bersama.)

Ucapan Selamat Menikah yang Penuh Makna

ucapan pernikahan penuh makna

Ucapan pernikahan penuh makna dan doa berikut ini bisa disampaikan kepada teman atau kerabat dekat:

  1. Menikah adalah sebuah langkah besar sebagai bukti pendewasaan diri menghadapi babak hidup yang baru. Selamat menikah, berbahagialah selalu.
  2. Tiada hal yang lebih indah dalam hidup ini dibandingkan dengan membangun keluarga bersama kekasih yang dicintai. Berbahagialah, selamat menempuh hidup baru.
  3. Cinta yang sejati bukanlah sebuah pencarian akan “kesempurnaan”, tapi sebuah komitmen untuk menerima kekurangan. Bentuk paling indah dari rasa cinta adalah keberanian untuk melengkapi satu sama lain. Selamat menikah.
  4. Pernikahan bukanlah sebuah tujuan. Lebih dari itu, pernikahan adalah awal perjalanan panjang yang setiap detiknya akan kamu nikmati bersama pasanganmu. Selamat menempuh hidup baru.
  5. Tiada ibadah yang lebih indah dari ikatan pernikahan. Duduk berdua terhitung ibadah, menyuapkan makanan pun demikian, dan di setiap waktu pernikahan yang kamu jalani adalah ibadah. Semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu menyertai kalian.
  6. Kepercayaan adalah kunci dalam janji suci ikatan pernikahan. Oleh karena itu, percayalah pada pilihanmu.
  7. Ikatan pernikahan tak sebatas janji suci kepada kekasihmu, tapi juga kepada Tuhan. Maka jalanilah dengan bahagia, jangan kau nodai.
  8. Komitmen, kesetiaan, dan kesabaran merupakan tiga kunci utama pernikahan yang perlu kamu pupuk. Jangan lelah untuk merawat, sebab darinya bunga indah akan bermekaran.
  9. Kunci membangun hubungan pernikahan yang kuat dan harmonis adalah saling teguh memegang komitmen bersama. Selamat menikah, semoga menjadi pasangan yang abadi.
  10. Saling mendukung, saling melengkapi, dan saling menghargai adalah tiga hal yang menguatkan sebuah ikatan cinta. Jadilah pasangan yang berbahagia. Selamat menempuh bahtera rumah tangga.

***

Itulah kumpulan ucapan pernikahan yang bisa dijadikan inspirasi.

Baca artikel menarik lainnya hanya di berita.99.co.

Untuk mendapatkan informasi ter-update, ikuti Berita 99.co di Google News.

Bingung mencari hunian yang nyaman? Tenang, dapatkan rekomendasinya di www.99.co/id.

Menemukan hunian impian kini jadi #SegampangItu!




Alya Zulfikar

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.

Related Posts