Berita Ragam

Contoh Naskah Drama Persahabatan Singkat yang Mudah Dipelajari. Cocok untuk Penyuka Seni Peran!

3 menit

Sedang mendalami seni peran? Sejumlah contoh naskah drama persahabatan berikut ini sangat mudah untuk dipelajari, Property People. Yuk, baca uraian lengkapnya!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), drama adalah suatu cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi dan khusus disusun untuk pertunjukkan teater.

Dalam dunia seni, drama menjadi salah satu hiburan yang mampu menghilangkan penat, sekaligus bisa pula sebagai medium kritik terhadap kejadian sosial yang ada.

Terdapat beberapa tema drama yang sering dipentaskan, salah satunya tentang persahabatan.

Sebelum berperan dalam suatu drama persahabatan, tentunya kamu mesti menghafalkan serta memahami teks atau naskah drama.

Yuk, simak ragam contoh teks atau naskah drama persahabatan yang mudah untuk kamu pelajari.

Contoh Naskah Drama Persahabatan

1. Makna Kehidupan

Aksara: “Gimana kerjaanmu? Aman?”

Senja: “Yeaah, meskipun sempat pusing karena banyak banget trouble, tapi akhirnya beres juga.”

Aksara: “Syukurlah. Eh, weekend besok healing, yuk! Pantai, pantai…”

Belum sempat Senja membalas ajakan Aksara, Yuni datang dari luar sembari menutup ponselnya.

Senja: “Kenapa, Yun? Kok murung. Ada masalah?”

Aksara: “Yo’i, kenapa, Yun? Cerita-cerita, lah.”

Yuni: “Ibu barusan telepon. Beliau bilang kalau papa dipecat dari pekerjaannya. Lantas, tagihan KPR udah nunggak. Sialnya, pemecatan papa dikarenakan ada hubungannya dengan judi online.”

Aksara dan Senja: “Hah! Serius?!”

Yuni: “Aku down banget. Enggak ta u mesti gimana. Kalian masih mau bersahabat dengan aku, kan di tengah situasi seperti ini?”

Senja mulai menjauh dan merapat ke arah Aksara.

Senja: “Ya, kamu tahu sendiri, lah, Yun, kita ini sekumpulan anak-anak hedon abis. Bisakah kamu mengimbangi gaya hidup kami?”

Aksara: “Mending kamu pulang dan tengok keadaan keluargamu, Yun!”

Yuni: “Aku pikir tadinya persahabatan kita ini memiliki makna yang dalam. Namun, ketika ada masalah seperti ini, kalian enggak mau dekat lagi denganku.”

Yuni bangkit dari kursinya dan menatap kedua sahabatnya. Ia lantas meninggalkan mereka.

Setelah ditinggal Yuni, Senja dan Aksara menuju parkiran dan menghampiri mobil masing-masing. Akan tetapi, alangkah terkejutnya Senja ketika ia mendapat pesan WhatsApp dari rekan lainnya.

Senja: “Aksara!!! Ini aku dapet WA dari Andi kalo Yuni menabrakkan diri di Jalan Soekarno Hatta, tak jauh dari sini.”

Aksara: “Serius!”

Senja: “Masa kayak gini becanda.”

Senja dan Aksara langsung tancap gas ke lokasi kejadian. Sesampainya di sana, banyak warga sedang mengerumuni Yuni yang terkapar dan bersimbah darah.

Aksara: “Ayo, kita mesti bawa Yuni ke Rumah Sakit Permata Suci, cepat… cepat…!!!”

Sesampainya di rumah sakit dan masuk ke UGD, Aksara dan Senja tak henti-hentinya berdoa. Nahas, Yuni tidak terselamatkan

Sejak kejadian itu, Aksara dan Senja berjanji untuk berubah dan lebih simpati atas apa pun yang melanda teman-temannya.

Mereka tak ingin hal ini kembali terulang.

2. Contoh Naskah Drama Persahabatan Judul “Menyontek”

Angga: “Nis, Aku minta jawaban soal nomor 2 dan 3!”

Budi: “Aku 4 dan 5”

Setya: “Kalau soal nomor 11,12,13 jawabannya apa, Nis?”




Nisa: “Kalem, jangan terlalu berisik, ntar gurunya denger

Keempat murid yang berada dalam satu kelompok itu saling menyontek satu sama lain. Namun, tidak dengan Budi, ia justru terlihat tenang dan mengerjakan soal sendiri, semampunya.

Angga: “Bud, kamu udah beres?”

Budi: “Belum, tinggal 2 soal lagi”

Angga: “Jangan pelit, sini aku minta jawaban nomor 14 sampai 19”

Budi: “Enggak mau.”

Angga: “Kenapa? Kita ini sahabat, Bud?”

Setya: “Ayolah, Bud. Hanya 5 soal saja.”

Budi: Nyontek atau memberi contek adalah hal buruk yang dosanya sama. Aku enggak mau mencontek, karena itu dosa, begitu pun dengan ‘memberi’ contek kalian itu. Maaf, ya.”

Setya: “Kali ini mendesak, Bud.”

Nisa: “Iya, Bud, ayolah, bantu kami.”

Budi: “Tetap, enggak bisa.”

Setya: “Oke, biarkan. Urus saja dirimu sendiri, Bud.”

Nisa: “Ayo, kita lihat buku saja.”

Sejurus kemudian, Nisa mengeluarkan buku dari kolong meja secara diam-diam dan melihat rumus serta jawaban di dalamnya.

Dikarenakan suara dari mereka terlalu gaduh, guru pun mendengarnya dan menghampiri keempatnya.

Guru: “Kalian ini nyontek terus. Keluar kalian!!!!”

Keempatnya kemudian keluar kelas dan mendapatkan hukuman.

Nisa: “Aku tidak menyangka bakal berakhir seperti ini.”

Setya: “Penyesalan selalu datang belakangan. Kalau di awal itu artinya pendaftaran.”

Angga: “Basi. Berisik kalian.”

Tak lama kemudian, Budi keluar kelas dan menghampiri keempatnya. Ia lantas ikut serta menerima hukuman.

Setya: “Kenapa kamu, Bud? Kamu dihukum juga?”

Budi: “Tidak, aku hanya ingin menjalani hukuman seperti yang kalian alami. Kita sahabat, bukan? Aku ingin kita selalu bersama.”

Keempat sahabat Budi pun merasa terharu. Mereka semua tersenyum, mengepalkan tangan, sambil berujar. “Kita sahabat sejati”.

Contoh Naskah Drama Tema Persahabatan 

naskah drama persahabatan

sumber: otosection

 

***

Itulah teks atau contoh naskah drama persahabatan yang bisa kamu pelajari.

Semoga ulasannya bermanfaat, ya.

Baca informasi menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia.

Jika kamu sedang mencari rumah aman dan nyaman di kawasan Bekasi, bisa jadi Grand Al Ihsan Premiere adalah jawabannya.

Yuk, cek ragam opsi terbaik lainnya dengan mengunjungi 99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.




Hendi Abdurahman

Penulis 99.co Indonesia. Membahas sekaligus mengupas tentang berita properti, desain rumah, hingga tips & trik seputar hunian.

Related Posts