Berita Ragam

11 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Beserta Penjelasannya

3 menit

Membuat teks anekdot perlu memperhatikan struktur yang benar supaya bisa menarik. Bingung? Simak penjelasan struktur dan contoh teks anekdot berikut ini, yuk!

Teks anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur candaan sampai kritikan yang halus.

Perlu kamu ketahui, tujuan teks anekdot adalah untuk menghibur dan menyampaikan pendapat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan dan contoh teks anekdot singkat yang bisa kamu pelajari!

Penjelasan Struktur Teks Anekdot

Teks anekdot umumnya memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Abstraksi atau pembuka cerita berupa gambaran suasana cerita
  2. Orientasi atau pengenalan kisah yang terjadi
  3. Kejadian atau rangkaian cerita yang terjadi baik berupa narasi maupun melalui percakapan antar tokoh
  4. Krisis atau masalah para tokoh cerita
  5. Reaksi atau penyelesaian masalah para tokoh cerita
  6. Koda atau perubahan beberapa tokoh cerita
  7. Reorientasi atau respon tokoh cerita terhadap koda

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Singkat

gambar anekdot

obatrindu.com

1. Berangkat Salat Jemaah

Azan Magrib berkumandang, Maulana dan Ridwan belum berangkat karena menunggu Yusuf.

Ridwan bertanya, “Menurutmu Yusuf bakal datang, tidak?”

“Dia pasti datang, sebab dia yang mengajak kita jemaah Magrib di masjid,” jawab Maulana.

Sekitar 10 menit mereka melihat Yusuf datang dengan cara berjalan yang aneh. 

”Kamu kemana saja dan kenapa jalanmu aneh?” tanya Ridwan.

Yusuf menjawab, “Aku mau berjemaah. Kan kata Pak Ustadz setiap langkah kaki ke masjid menjadi pahala. Jadi aku berjalan sedikit-sedikit biar pahalaku banyak, begitu!”

“Terserah kamu, kami berdua mau pulang lagi ke rumah,” Ridwan dan Maulana pergi meninggalkan Yusuf.

2. Hasil Ulangan

Ichsan pulang dari sekolah siang hari itu dengan wajah lesu, kemudian Ibu bertanya tentang ulangannya.

“Bagaimana ulangannya, Ichsan?” tanya Ibu.

“Ichsan dapat 10 soal tapi cuma 1 soal yang jawabannya betul, Bu,” jawab Ichsan.

“Gak apa-apa yang penting Ichsan sudah isi semua soalnya,” ibu menghibur Ichsan.

“Maksudnya, Ichsan cuma mengerjakan satu soal dan yang sembilan lagi enggak,” tutur Ichsan takut dan wajah Ibu jadi memerah.

3. Menjawab Benar

Yusuf dipanggil Ibu Yeti ketika jam istirahat sekolah.

“Yusuf, Ibu tidak melihat jawaban kamu di esai. Hanya ada tulisan benar,” kata Ibu Yeti sambil menunjukkan kertas ulangan Yusuf.

“Oh, kan perintahnya begitu, Bu. Di sana bilangnya harus mengisi setiap jawaban dengan ‘Benar’. Jadi, saya tulis jawaban benar di esai. Yusuf pintar kan, Bu?”

4. Berbagi Buku

Pagi ini Ibu Yeti memberikan satu buah buku untuk dua orang siswa.

“Anak-anak, sekarang kalian berbagi buku. Jadi masing-masing bisa belajar bersama,” kata Ibu Yeti.

“Bu, saya sudah membagi bukunya!” Seru Ridwan dengan memperlihatkan buku paket disobek jadi dua. “Buat saya satu, buat Maulana satu.”

“Ridwan!!!”

Contoh Teks Anekdot tentang Korupsi 

anekdot korupsi

sumber: hidupsimpel.com

5. Segitiga Bermuda

Maulana dan Yusuf sedang istirahat dan membahas soal Segitiga Bermuda.




“Suf, kapal yang masuk ke Segitiga Bermuda tidak bisa kembali lagi. Kamu mau pergi ke sana?” tanya Maulana.

“Aku mau kesana. Biar bisa buang sampah terus buang para koruptor juga.” Jawab Yusuf tertawa puas.

6. Aplikasi Anti Maling

Suasana pagi di kelas Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

“Hey Ridwan, nanti mau buat aplikasi apa buat Indonesia?” Tanya Maulana.

“Mau buat aplikasi anti korupsi, supaya Indonesia sejahtera dan aku sebagai pendiri jadi kaya raya, bagus kan?” tanya Ridwan sambil mengangkat alisnya berulang kali.

7. Padahal Sama-Sama Maling

Ridwan dan Yusuf menonton televisi di pos ronda. 

Mereka melihat kasus pencurian satu tandan pisang, pelakunya dipenjara 5 tahun.

“Para koruptor negeri ini cuma dipenjara 1 tahun dan masih bisa jalan-jalan,” kata Yusuf bingung.

“Pemerintah lebih mementingkan satu tandan pisang. Jadi hukumannya lebih lama dari maling berdasi itu,” jawaban Ridwan membuat Iman mengangguk paham.

Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

8. Penjual Roti

Penjual roti menjajakan dagangannya saat pagi hari.

“Pak, mau beli rotinya!” teriak anak SD lengkap dengan seragamnya.

“Mau yang mana, coklat atau keju?” Tanya si penjual.

Anak kecil itu berdiri termenung cukup lama. 

“Enggak jadi, deh. Tadi katanya jual roti, kenapa jadi coklat sama keju?”

9. Becak Dilarang Masuk

Ada seorang tukang becak asal Madura yang pernah tertangkap basah melanggar rambu “Becak dilarang masuk” oleh polisi.

Tukan becak itu masuk ke jalan yang ada rambu gambar becak disilang dengan garis hitam; artinya, jalan tersebut tidak boleh dilalui oleh becak.

“Apa kamu tidak melihat gambar itu? Becak tidak boleh masuk jalan ini!” bentak Pak Polisi.

“Oh, saya melihat, Pak, tapi itu gambarnya becak kosong tidak ada pengemudinya. Becak saya kan ada yang mengemudi, bearti boleh masuk,” jawab tukang becak.

10. Kursi

Pada suatu hari, ada dua pemuda laki-laki yang sedang berbincang-bincang di warung kopi. Mereka adalah Yusuf dan Ridwan.

Ridwan: “Cup, saya punya tebakan.”

Yusuf: “Gimana, wan?”

Ridwan: “Kursi, kursi apa yang buat orang jadi lupa ingatan?”

Yusuf: “Kursi goyang! Soalnya kalau duduk di atasnya bikin ngantuk, lalu ketiduran. Jadi lupa kan mau ngapain.”

Ridwan: “Hahaha, bener, sih! Tapi jawabannya salah!”

Yusuf: “Terus apa jawabannya?”

Ridwan: “Jawabannya kursi jabatan!”

Yusuf: “Lah, kok bisa?”

Ridwan: “Coba, deh, liat para pejabat. Sebelum dilantik mereka banyak mengumbar janji manis kepada rakyat. Eh, waktu sudah terpilih, seperti lupa ingatan sama janji-janjinya. Bener, ‘kan?”

Yusuf: “Cocok!”

11. Tidak Mengerjakan PR

Alfian: “Bu, saya ada pertanyaan.”

Guru: “Mau tanya apa, Alfian?”

Alfian: “Kalau ada orang dihukum karena perbuatan yang belum dia lakukan, apakah itu boleh?”

Guru: “Jelas tidak boleh dong! Orang baru boleh dihukum ketika dia dinyatakan bersalah.”

Alfian: “Syukurlah. Jadi saya bebas hukuman, bu? Soalnya sayan belum mengerjakan PR.”

Guru: “Yeee, dasar kamu! Ibu kasih nol, ya!

***

Itulah beberapa contoh teks anekdot singkat yang lucu dan menggelitik.

Baca artikel menarik lainnya hanya di berita.99.co.

Selain itu, pelajari juga tentang cerkak bahasa Jawa untuk menambah wawasanmu.

Ikuti Berita 99.co di Google News agar tidak ketinggalan informasi.

Bingun mencari hunian yang nyaman? Tenang, temukan rekomendasinya di www.99.co/id.

Dapatkan juga listing properti terbaik di Rumah123.com.

Tak perlu pusing mencari rumah impian karena kami selalu #AdaBuatKamu.




Alya Zulfikar

Penulis 99.co Indonesia

Related Posts