Berita Ragam

60 Contoh Pantun Jenaka Lucu yang Menghibur Berbagai Tema. Lengkap dengan Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya!

5 menit

Sedang mencari contoh pantun jenaka untuk cairkan suasana berkumpul? Simak saja sejumlah inspirasinya di sini!

Suasana kumpul bersama teman atau keluarga tidak selama menyenangkan.

Ada satu momen di mana situasinya terasa begitu canggung.

Untuk membuat suasana kumpul kembali ceria, kamu bisa melontarkan pantun lucu.

Sebagai referensi, simak sejumlah contoh pantun jenaka lucu di bawah ini!

Apa Itu Pantun?

apa itu pantun

Pantun adalah sebuah hasil karya sastra lama yan awalnya berupa ujaran.

Seiring berjalannya waktu, sudah ada dalam bentuk tertulis.

Kata pantun sendiri diambil dari kata patutun dari bahasa Minangkabau yang berarti penuntun.

Adapun, dalam bahasa Jawa, pantun lebih dikenal sebagai parikan.

Sementara, orang Sunda menyebutnya sebagai paparikan.

Ciri-Ciri Pantun

Untuk membedakannya dengan karya sastra lain, pantun memiliki beberapa karakteristik.

Berikut ciri ciri pantun yang perlu diketahui.

  • Setiap bait terdiri dari empat baris atau larik
  • Tiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
  • Rima akhir setiap baris adalah A-B-A-B atau A-A-A-A
  • Baris pertama dan kedua adalah sampiran
  • Baris ketiga dan keempat berupa isi

Manfaat Pantun

Pantun tidak hanya sekadar gubahan kata-kata yang mengandung rima dan irama saja.

Dengan rangkaian kata yang ada, pantun bisa menjadi upaya untuk menghibur seseorang.

Di samping itu, pantun juga mengandung ide kreatif dan kritis.

Ini membuat proses pembuatan karya sastra ini mampu mengasah kreativitas dan imajinasi.

Contoh Pantun Jenaka Lucu

contoh pantun jenaka lucu

Ingin naikkan mood yang sedang turun?

Simak contoh pantun jenaka lucu banget ini, yuk!

1. Pergi ke pasar mencari melati

Pulang ke rumah membawa delima

Bagaimana hati tidak geli

Lihat gajah bermain mata

2. Pagi-pagi minum kopi

Jangan diminum dengan ampasnya

Bagaimana kamu ini

Satu tambah dua masa tak bisa

3. Ke toko membeli gunting

Tidak lupa membeli peta

Sangatlah heran induk anjing

Melihat anak kucing naik kereta

4. Pergi memancing ke tepi rawa

Ada belut nyangkut di samsak

Sakit perut gara-gara tertawa

Lihat kucing duduk berbedak

5. Burung elang terbang melintang

Istirahat sejenak di batang kayu

Dalam hati merasa bimbang

Lihat ikan membaca buku

6. Ini bukan sembarang

Ini karya pantun lucu

Aku ini tidaklah pikun

Hanya ingin mengerjai cucu

7. Pergi ke pasar membeli nangka

Tak lupa membeli salak

Ini contoh pantun jenaka

Siap buat kamu tertawa terbahak-bahak

8. Pohon nanas di tepi rawa

Ada lebah menyimpan madu

Kami melihat nenek tertawa

Tampak kakek bermain gundu

9. Kertas A4 untuk ditulis

Benang warna dibuat katun

Apabila suka menulis

Sampai tua tidak akan pikun

10.  Makin ke sana makin ke sini

Berlari-lari bersama pria

Ayo simak pantun jenaka lucu ini

Dijamin harimu makin ceria

Contoh Pantun Jenaka Lucu Banget

contoh pantun jenaka lucu banget

11. Di kebun binatang ada badak

Di kamar mandi ada kecoak

Ini memang pantun kocak

Dijamin bikin kamu ngakak

12. Pergi liburan ke Palembang

Selama di kota naik pedati

Kalau kamu di warung Padang

Bolehkah aku ditraktir lagi

13. Jalan jalan bersama Putri

Lihat kucing lagi kerokan

Emang nasib aku ini

Sudah tampan jadi rebutan

14. Si Tono rambutnya jambul

Suka diam di atas genteng

Biar dikata kurang gaul

Yang penting tetap ganteng

15. Ke ladang membawa karung

Karung dibawa dengan jerami

Wajah kamu janganlah murung

Kayak belum makan lima hari

16. Buah apel buah tomat

Disimpan dekat lemari

Bingung mencium bau menyengat

Rupanya ada yang belum mandi

17. Pergi ke sungai melihat deret

Ada serigala di dekat rawa

Ini pantun jenaka lucu banget

Wajib dibaca agar tertawa

18. Ada Arjuna ada Pandawa

Sedang turun mencari kali

Jika monyet sedang tertawa

Wajahnya terlihatlucu sekali

19. Di dekat sungai ada rumah kosong

Di sampingnya pohon tembakau

Bukannya aku berbohong

Memang ada katak memikul kerbau

20. Ikan rainbow di rawa-rawa

Ikan cupang nyangkut di jaring

Perut sakit tahan ketawa

Gigi palsunya loncat ke piring

Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya

contoh pantun jenaka dan maknanya

21 Melihat cincin di pekarangan

Malah dimakan oleh si domba

Panjang sekali janggut tuan

Bisa dibuat tali timba

Makna: contoh pantun jenaka dan maknanya ini menceritakan tentang seseorang yang mempunyai janggut yang panjang dan saking panjangnya, dapat dibuat menjadi tali timba.

22. Mencari lintah di rawa

Lintahnya pergi naik bis

Perutku sakit karena tertawa

Melihat rambutnya tercukus habis

Makna: candaan saat melihat seseorang yang memiliki rambut botak

23. Buah yang busuk harus dibuang

Jangan disimpan walaupun sayang

Seandainya teman seperti uang

Asli atau palsu bisa diterawang

Makna: teman yang baik tidak bisa diterawang seperti halnya uang

24. Musim kemarau musim penghujan

Kata ibu janganlah nakal

Yang muslim silahkan Jumatan

Jangan lupa gembok amankan sandal

Makna: candaan untuk mengamankan sandal yang seringkali hilang saat melaksanakan salat Jumat

25. Burung perkutut burung kutilang

Kamu kentut kok tak bilang-bilang

Makna: saat sedang asyik berkumpul, ada seorang teman yang kentut sembarangan

26. Tak usah takut tak usah khawatir

Ini kentut bukan petir

Makna: contoh pantun jenaka dan maknanya ini adalah jawaban yang tepat bagi orang yang kentut saat berkumpul bersama teman




Pantun Lucu untuk Bahan Candaan

contoh pantun jenaka untuk bahan candaan

27. Makan siang pakai tempe

Sore dikit pakai jagung

Tampangnya memang oke

Tapi sayang otaknya linglung

28. Dari Bandung mencari rica-rica

Saat sampai malah membeli ketan

Lihat saja tampang yang baca

Sudah kayak kolor setan

29. Memakai kebaya bawa teropong

Lihat rumah atapnya bolong

Gadis manis main di kolong

Sayang giginya ompong

30. Ingin makan mencari laksa

Malah hujan, badan pun basah

Meminjam uang setengah memaksa

Bayar utangnya sangatlah susah

31. Lihat ayah membawa bawang

Pulang ke rumah dari gang sempit

Seringkali meminjam uang

Giliran dipinjam malah pelit

32. Hujan deras hari Selasa

Sangatlah baik untuk kebun lada

Mulut yang manis rupanya berbisa

Pandai berjanji, buktinya tak ada

Pantun Lucu dengan Unsur Romantis Komedi

pantun lucu romantis

33. Senang liburan di Kota Paris

Banyak bangunan berbaris-baris

Tak apa mati di ujung keris

Asal dapat Dinda yang manis

34. Ke rawa mencari papan

Malah nyasar ke atas awan

Duduk berdua bersama gebetan

Hati jadinya tak karuan

35. Pohon jati dibuat gubuk

Pasang pilar agar tegak

Risiko asmara dunia Facebook

Cinta ditolak malah blokir bertindak

36. Kota Malang banyak perunggu

Kota Makassar membangun tugu

Janji bertemu di malam Minggu

Apa daya gerimis menunggu

37. Pergi ke Solo menonton wayang

Tidak lupa membawa bekal

Banyak uang aku disayang

Tidak ada uang, malah ditinggal

38. Ke Tanah Abang membeli alpukat

Jalan sedikit mencari kelengkeng

Alhamdulillah, kabar abang sehat

Bagaimana kalau kita jalan aja, neng?

39. Makan siang sepiring berdua

Rasanya enak tidak ada tara

Ada cowok pandai menggoda

Diam-diam berwatak buaya

40. Pagi hari minum teh hangat

Minum teh dicampur madu

Meski ketek bau menyengat

Aku tetap setia di sampingmu

41. Nasi kuning dimakan saat anget

Membelinya di pinggir jalan

Yang duduk manis banget

Boleh dong meminta kenalan

42. Hewan omnivora menangis tersedu

Mendengar musik sedang diputar

Senyummu manis bagaikan madu

Membuat hatiku makin bergetar

Contoh Pantun Kocak yang Bikin Ngakak

contoh pantun jenaka bikin ngakak

43. Pergi ke pasar pakai delman

Di tengah jalan bertemu teman

Dia itu orangnya tampan

Sayang beribu sayang, dia jerawatan

44. Ajak kekasih makan di restoran

Bertemu mantan yang kini jadi teman

Hati bingung dan tidak karuan

Ternyata, mantannya minta balikan

45. Aku ingin ke Korea Selatan

Kamu justru ingin ke Jepang

Walaupun kita sudah jadi mantan

Namun, aku masih tetap sayang

46. Dari Bandung membeli kaca

Tidak lupa mencoba ketan

Lihat saja tampang yang baca

Sudah seperti kolornya setan

47. Pergi ke Solo

Lanjut ke Semarang

Kasihan deh lo!

Masih jomblo sampai sekarang

48. Aku Minahasa

Kamu Balikpapan

Aku itu hanya orang biasa

Yang butuh kasih sayang dan perhatian

49. Hendak berlayar sampai ketepian

Soalnya cuacanya sedang berawan

Paling tidak enak hidup sendirian

Saran aku, cepat masuk pelaminan

50. Hari libur pergi ke vila

Datangnya di sore hari

Aku sangka kamu orang gila

Terlihat senyum-senyum sendiri

51. Hari Senin sudah siang

Setelah siang, datanglah petang

Ditunggu-tunggu, tidak jua datang

Sekali datang, malah menangih utang.

52. Tak perlu takut, tak perlu khawatir

Ini hanya ketut, bukanlah petir

Contoh Pantun Kocak yang Menghibur

contoh pantun jenaka menghibur

53. Buah mangga, buah tomat

Disimpan di lumbung padi

Pantas saja baunya menyengat

Ternyata, kamu belum mandi

54. Melati bersemi

Di batang kayu

Do you love me?

Like I love you

55. Pergi ke toko membeli ikan

Tak lupa membawa sampan

Dulu pernah jadi impian

Sekarang tinggal kenangan

56. Liburan ke Bali bawa teropong

Lihat hotel atapnya bolong

Gadis cantik main di bawah kolong

Cantik-cantik sayang giginya ompong

57. Burung parkit burung gelatik

Main ke ladang memakan tebu

Sungguh menarik si gadis cantik

Sayang beribu sayang, dia kok bau

58. Kelapa muda dibikin santan

Dibikinnya saat waktu petang

Buat apa kamu memikirkan mantan

Mending kamu ingat utang

59. Sungguh enak makan konyal

Apalagi ditambah sayur asem

Ayo, jangan mudah kesal

Nanti, wajahmu tambah asem

60. Cuci motor catnya jadi kemilau

Burung ayah selalu berkicau

Hati ini selalu galau

Melihat mantan seperti dikau

***

Semoga pembahasan contoh pantun lucu yang menghibur di atas dapat bermanfaat untuk Property People, ya!

Pantau terus artikel pantun berbagai tema lainnya hanya di Berita 99.co Indonesia.

Cek juga artikel lainnya di Google News kami.

Sedang mencari hunian masa depan seperti Jade Park Serpong 2 di Serpong, Tangerang Selatan?

Dapatkan kemudahan dalam mewujudkan rumah impian di www.99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.




Emier Abdul Fiqih P

Penulis 99.co Indonesia. Sering berselancar lewat akun @emierfqh di berbagai media sosial yang ada.

Related Posts