Bahasa Pendidikan

4 Contoh Cerita Pendek tentang Liburan Sekolah Paling Seru. Bisa Jadi Contoh Tugas!

4 menit

Contoh cerita pendek tentang liburan sekolah ini bisa jadi referensi tugas sekolah terkait pengalaman kamu saat berlibur. Simak selengkapnya.

Liburan sekolah adalah waktu yang dinanti-nantikan oleh para siswa.

Setelah satu tahun penuh belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah, liburan sekolah menjadi kesempatan untuk beristirahat dan bersenang-senang.

Namun demikian, usai liburan sekolah, biasanya guru akan meminta para siswa menceritakan pengalaman liburan mereka.

Para guru ingin siswanya menceritakan kembali pengalaman liburan mereka bersama keluarga dan orang terdekat.

Bagi kamu yang bingung harus mulai bercerita dari mana, jangan khawatir.

Contoh cerita pendek tentang liburan sekolah ini bisa jadi referensi kamu dalam bercerita, lo. Simak selengkapnya berikut ini.

Contoh Cerita Pendek tentang Liburan Sekolah

Saat liburan tiba, kegiatan apapun yang kamu lakukan tentu akan sangat menyenangkan.

Kamu bisa menceritakan kegiatan mulai dari liburan bersama keluarga, kegiatan bersama ibu di rumah, hingga aktivitas lainnya yang kamu lakukan selama libur.

Para siswa bisa melakukan berbagai kegiatan yang mereka sukai, seperti bermain, berwisata, dan belajar hal-hal baru.

Cerita tentang Liburan Sekolah ke Pantai

Liburan Sekolah ke Pantai

Hari ini adalah hari pertama liburan sekolah. Aku sangat senang karena bisa berlibur ke pantai bersama keluarga. Aku sudah membayangkan akan bermain pasir, berenang di laut, dan menikmati matahari bersama keluarga.

Pagi-pagi sekali, aku sudah bangun. Aku bergegas mandi dan sarapan. Setelah itu, aku dan keluarga berangkat ke pantai.

Perjalanan ke pantai cukup lama. Tapi, aku tidak bosan karena aku bisa menikmati pemandangan alam di sepanjang jalan.

Akhirnya, kami sampai di pantai. Aku langsung berlari menuju pantai. Aku sangat senang melihat pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Aku bermain pasir bersama adik dan kakakku. Kami membuat istana pasir, membangun benteng, dan mengukir wajah di pasir.

Setelah puas bermain pasir, aku berenang di laut. Air laut terasa sangat segar dan menyejukkan. Aku berenang bersama keluarga dan teman-teman.

Sore hari, kami menikmati matahari terbenam di pantai. Pemandangan matahari terbenam sangat indah. Aku merasa sangat bahagia bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di pantai.

Pada malam hari, kami menginap di hotel dekat pantai. Aku tidur dengan nyenyak karena aku sangat lelah bermain.

Keesokan harinya, kami kembali ke rumah. Aku merasa sangat sedih karena liburan sudah berakhir. Tapi, aku akan selalu mengingat liburan yang menyenangkan ini.

Cerita Pendek tentang Liburan Sekolah Bersama Keluarga

Pergi ke Kebun Binatang Ragunan

Hari ini adalah hari libur sekolah. Aku dan keluargaku berencana untuk pergi ke Kebun Binatang Ragunan. Aku sangat senang karena aku sudah lama ingin mengunjungi kebun binatang.

Pagi-pagi sekali, aku sudah bangun dari tidur. Aku mandi, sarapan, dan bersiap-siap untuk berangkat. Setelah itu, kami pun berangkat ke Kebun Binatang Ragunan.

Perjalanan ke Kebun Binatang Ragunan memakan waktu sekitar satu jam. Sesampainya di sana, kami langsung membeli tiket masuk. Lalu, kami pun masuk ke dalam kebun binatang.

Di dalam kebun binatang, aku melihat banyak sekali hewan-hewan. Ada singa, harimau, gajah, zebra, jerapah, monyet, dan masih banyak lagi. Aku juga melihat akuarium berisi ikan-ikan yang indah.

Aku sangat senang melihat hewan-hewan di kebun binatang. Aku belajar banyak hal tentang hewan-hewan tersebut. Aku juga belajar untuk menyayangi hewan-hewan.

Satu hal yang paling aku sukai adalah melihat singa. Aku sangat terkesan dengan kegagahan dan kekuatan singa. Aku juga melihat harimau yang sangat ganas.

Aku juga sangat senang melihat gajah. Gajah adalah hewan yang sangat besar dan lucu. Aku juga melihat zebra yang sangat unik dengan belang-belangnya.

Aku menghabiskan waktu berjam-jam di kebun binatang. Aku merasa sangat senang dan puas. Aku akan selalu mengingat hari ini sebagai hari yang menyenangkan.

Contoh Cerita Pendek tentang Liburan, Belajar Bercocok Tanam

Bercocok Tanam dengan Ayah

Liburan sekolah kali ini, aku dan ayah pergi ke kebun. Ayah adalah seorang petani, jadi ia memiliki kebun di dekat rumah. Aku sangat senang bisa belajar bercocok tanam bersama ayah.

Setibanya di kebun, ayah langsung mengajakku menanam padi. Ayah mengajariku cara menanam padi, mulai dari menyiapkan bibit, lubang tanam, hingga menyiramnya. Aku sangat senang bisa belajar hal baru dari ayah.

Setelah selesai menanam padi, ayah mengajakku menanam sayur-sayuran. Ayah mengajariku cara menanam kangkung, bayam, dan sawi. Aku juga belajar cara menyiram dan merawat sayur-sayuran.

Aku sangat menikmati waktuku bersama ayah di kebun. Aku belajar banyak hal tentang bercocok tanam. Aku juga merasa bangga bisa membantu ayah.

Pesan Moral

Liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk belajar hal-hal baru. Kita bisa belajar dari orang tua, guru, atau teman-teman. Belajar bercocok tanam adalah salah satu hal yang bermanfaat. Dengan belajar bercocok tanam, kita bisa membantu orang tua dan juga mendapatkan makanan yang sehat.

Kenangan

Salah satu kenangan yang paling berkesan bagiku adalah saat ayah mengajariku cara menanam padi. Ayah menjelaskan kepadaku dengan sabar dan telaten. Aku merasa sangat senang bisa belajar hal baru dari ayah.

Aku juga sangat senang bisa membantu ayah di kebun. Aku merasa bangga bisa membantu ayah bekerja. Aku belajar bahwa bekerja keras itu penting, tapi membantu orang lain juga tidak kalah pentingnya.

Aku akan selalu ingat waktu-waktu yang kuhabiskan bersama ayah di kebun. Itu adalah kenangan yang sangat berharga bagiku.

Cerita Pendek tentang Liburan dan Belajar Menjadi Koki Cilik

Jadi Koki Cilik Bersama Ibu

Liburan sekolah kali ini, aku ingin belajar menjadi koki cilik. Aku sangat suka memasak, dan aku ingin bisa membuat makanan yang enak untuk keluargaku.

Pada hari Minggu, aku meminta izin kepada ibu untuk belajar memasak. Ibu sangat senang mendengarnya. Ia langsung mengajakku ke dapur.

Ibu mengajariku cara membuat nasi goreng. Ibu menjelaskan kepadaku bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya. Aku sangat senang bisa belajar memasak nasi goreng.

Setelah selesai membuat nasi goreng, aku dan ibu mencicipinya. Nasi goreng buatanku ternyata enak. Ibu sangat bangga denganku.

Pada hari Senin, aku belajar membuat sup ayam. Aku juga belajar membuat telur mata sapi, omelet, dan berbagai macam kue.

Aku sangat menikmati waktuku belajar memasak bersama ibu. Aku belajar banyak hal tentang memasak, dan aku merasa semakin percaya diri.

Pesan Moral

Liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk belajar hal-hal baru. Kita bisa belajar dari orang tua, guru, atau teman-teman. Belajar memasak adalah salah satu hal yang bermanfaat. Dengan belajar memasak, kita bisa membantu orang tua dan juga bisa membuat makanan yang enak untuk keluarga dan teman-teman.

Kenangan

Salah satu kenangan yang paling berkesan bagiku adalah saat aku belajar membuat nasi goreng bersama ibu. Ibu menjelaskan kepadaku dengan sabar dan telaten. Aku merasa sangat senang bisa belajar hal baru dari ibu.

Aku juga sangat senang bisa membuat nasi goreng untuk keluargaku. Mereka sangat menyukai nasi goreng buatanku. Aku merasa sangat bangga bisa membuat mereka bahagia.

Aku akan selalu ingat waktu-waktu yang kuhabiskan bersama ibu di dapur. Itu adalah kenangan yang sangat berharga bagiku.

***

Nah, itulah kumpulan cerita pendek tentang liburan sekolah yang melakukan berbagai aktivitas menarik.

Simak artikel contoh cerpen menarik lainnya hanya di Berita.99.co.

Tak lupa, baca informasi terbaru dengan mengikuti Google News Berita 99.co Indonesia.

Sedang mencari rumah impian?

Cek berbagai rekomendasi terbaik di www.99.co/id karena beli hunian sekarang bisa #segampangitu bersama kami!

Maskah Alghofar

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.