Rumah Tips & Trik

Cara Menyimpan Daun Jeruk agar Awet dan Tidak Cepat Kering. Mudah Dilakukan!

2 menit

Gimana sih cara menyimpan daun jeruk di rumah agar awet dan enggak cepat busuk? Yuk, cari tahu informasinya pada artikel ini!

Salah satu rempah daun yang paling sering digunakan untuk memasak adalah daun jeruk.

Selain bisa menambah rasa masakan, aromanya juga sangat segar dan bisa menambah cita rasa masakan.

Dengan menggunakan daun jeruk, dijamin deh masakan bisa tambah enak dan bikin orang-orang di rumah jadi berselera makan.

Sebagai rempah yang harus ada di berbagai masakan Indonesia, tentu kita harus menyimpan daun jeruk sebagai stok bumbu dapur.

Biar tahan lama dan enggak cepat kering, kamu perlu banget nih tahu cara menyimpan daun jeruk agar awet.

Melansir dari berbagai sumber, yuk simak penjelasannya pada uraian di bawah ini.

Cara Menyimpan Daun Jeruk agar Awet

daun jeruk

1. Membeli Daun Jeruk yang Segar

Cara menyimpan daun jeruk yang pertama tentu saja terlebih dahulu harus membeli produk yang segar.

Ya, jika kamu ingin menyimpan daun jeruk untuk stok di rumah, baiknya pilih yang tidak kering dan masih berwarna hijau.

Adapun ciri-ciri daun jeruk segar adalah berwarna hijau tua dan punya aroma yang wangi.

Kemudian, daunnya pun terlihat mengilat dan licin ketika dipegang.

2. Simpan dalam Wadah Tertutup

Setelah membeli daun jeruk yang segar, langkah selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menyediakan wadah tertutup.

Hal ini dilakukan supaya daun jeruk tidak terkontaminasi dari luar yang bikin rempah tersebut jadi busuk dan layu.

Kamu bisa menggunakan pilihan wadah yang terbuat dari material plastik kedap udara atau stoples kaca yang bisa ditutup rapat.

3. Masukkan ke Dalam Plastik

Kalau kamu enggak punya wadah kedap udara, kamu juga bisa kok masukkan daun jeruk dalam plastik.

Eits, jangan pakai yang bekas pakai ya, kamu harus pakai plastik klip yang bisa ditutup rapat dan masih bersih.

Pastikan plastik benar-benar tertutup rapat agar tidak ada udara yang mengontaminasi daun jeruk.




4. Memotong Daun Jeruk

Sebelum disimpan ke dalam wadah, sebaiknya teman-teman membagi dua daun jeruk dengan cara dipotong.

Kamu bisa potong atau iris kecil-kecil daun jeruk, kemudian masukkan ke dalam wadah.

Hal ini dilakukan untuk menghemat ruang dan mempermudah kamu ketika mengambil daun jeruk.

5. Menyimpan dalam Kulkas

daun jeruk dalam wadah

Setelah dimasukkan ke dalam wadah atau plastik, kamu bisa simpan daun jeruk ke kulkas, ya.

Untuk menyimpannya, bersihkan daun jeruk segar dari sisa kotoran dengan cara mengelapnya.

Selanjutnya, masukkan dalam kantung zip lock, lalu simpan di rak kulkas.

6. Simpan di Freezer

Daun jeruk akan lebih awet jika disimpan di freezer.

Proses penyimpanan ini dapat membuatnya bertahan hingga beberapa bulan.

Menyimpan daun jeruk di freezer dapat dilakukan dalam beberapa tahap.

Sebelum disimpan, daun jeruk harus dicuci terlebih dulu agar terbebas dari kotoran.

Kemudian, keringkan daun jeruk dengan cara mengelapnya menggunakan tisu.

Selanjutnya, masukkan daun jeruk di kantung zip lock lalu letakkan di freezer.

***

Semoga tips di atas dapat bermanfaat untukmu, ya, Property People.

Jangan lupa untuk pantau terus artikel menarik lainnya di Berita.99.co.

Cek juga berita ter-update dengan mengakses laman Google News Berita 99.co Indonesia.

Apakah kamu tertarik punya rumah di Makassar? Bisa jadi Summarecon Mutiara Makassar.

Kunjungi  www.99.co/id dan Rumah123.com untuk cek ketersediaan rumah yang kamu inginkan.

Pastinya kami akan selalu #AdaBuatKamu untuk memberikan hunian terbaik.




Gadis Saktika

Penulis konten di 99.co Indonesia yang senang menyelami topik politik, properti, dan KPOP.

Related Posts